©2025 All Rights Reserved. Developed by act! Digital Agency
Selama masa jabatannya, Donald Trump dikenal aktif meninjau dan menganulir sejumlah regulasi dari era Barack Obama. Salah satu sektor yang terdampak adalah transportasi dan logistik, terutama terkait jam kerja sopir truk di Amerika Serikat.
HOS adalah aturan federal yang mengatur jam kerja, istirahat, dan batas maksimal mengemudi bagi sopir truk. Tujuannya untuk mencegah kelelahan pengemudi dan menjaga keselamatan di jalan raya.
Pada 2020, Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA) menerapkan revisi besar terhadap aturan HOS, meliputi:
Fleksibilitas istirahat 30 menit
Aturan split sleeper berth yang memperbolehkan membagi waktu tidur
Perpanjangan waktu kerja saat kondisi buruk (cuaca, kemacetan)
Ekspansi pengecualian untuk sopir jarak pendek
Pemerintah menyebut revisi ini bertujuan memberi fleksibilitas, efisiensi, dan peningkatan pendapatan bagi sopir.
Meski beberapa pihak industri menyambut baik, banyak organisasi pekerja dan keselamatan jalan mengecam revisi tersebut. Kritik utamanya mencakup:
Perpanjangan jam kerja bisa membuat pengemudi lebih cepat lelah dan kurang fokus, apalagi di bawah tekanan pengiriman cepat.
Modifikasi aturan split-sleeper berth dapat mengganggu pola tidur alami pengemudi dan menurunkan kualitas istirahat.
Kelonggaran aturan dianggap mengutamakan efisiensi industri ketimbang keselamatan nyawa sopir dan pengguna jalan lainnya.
“Fleksibilitas” bisa jadi senjata perusahaan untuk menekan sopir bekerja lebih lama, terutama yang dibayar berdasarkan jarak tempuh.
Selain HOS, pemerintahan Trump juga melemahkan beberapa regulasi lingkungan seperti:
Pengetatan standar emisi truk berat
Regulasi efisiensi bahan bakar kendaraan niaga
Dampaknya bisa dirasakan dalam jangka panjang, mulai dari biaya operasional naik hingga kerusakan lingkungan.
Revisi aturan jam kerja sopir truk oleh pemerintahan Trump mungkin menguntungkan sebagian perusahaan, namun berisiko bagi kesehatan dan keselamatan pengemudi. Saat beban kerja meningkat tapi waktu istirahat tidak memadai, keselamatan di jalan raya jadi taruhannya.
Regulasi transportasi seharusnya menjamin keseimbangan antara produktivitas dan keselamatan, bukan hanya menguntungkan satu pihak.
PT Valar Truk Solusi
Jl. Sukarjo Wiryopranoto No. 55A
Jakarta Barat
©2025 All Rights Reserved. Developed by act! Digital Agency